Selasa, 01 Oktober 2013

Apa itu Microsoft Word?

      Microsoft Office Word 2007 merupakan sebuah program aplikasi pengolah kata (Word Processor) buatan Microsoft Corporation. MS. Word 2007 merupakan hasil pengembangan dari beberapa versi sebelumnya. MS. Word tampil lebih user friendly dan sudah menggunakan ribbon sebagai standar baru dalam menampilkan menu-menu tool. Berdasarkan klaim mereka, ribbon adalah sebuah inovasi yang kelak di masa mendatang menjadi sebuah standar bagi tampilan menu.
      Dalam perkembangannya microsoft office (termasuk di dalamnya microsoft word) selalu keluar masing-masing versi untuk pengembangan software office tentunya, yang di antaranya ; Ms office 1998, office 2003, office 2007, office 2010, dan office 2013. Selain itu dapat pula dilihat dalam Sejarah perkembangan Ms Word.
      Cara membuka Microsoft Word salah satunya dengan cara :
1. Klik Tombol Start yang ada di taskbar.
2. Pilih menu Program kemudian cari aplikasi microsoft.
3. Kemudian pilih dan klik program aplikasi Microsoft Word.Tunggu sampai jendela program Microsoft Word terlihat.
Fungsi dan Kegunaan Microsoft Word

Adapun fungsi dan kegunaan microsoft word itu sendiri bervariasi /bermacam-macam tergantung dari si user /pemakainya. Fungsi utama dari microsoft word adalah membantu kita dalam mengolah kata jadi seperti pengertian di atas Ms word memang di khususkan untuk pengolahan kata. ms word berperan sebagai alat bantu user /pengguna untuk menyelesaikan pekerjaan terkait kata/teks/dokument/surat-menyurat dan lainya. 

Dengan semakin canggihnya tool microsoft word, fungsi dari ms word pun  tidak hanya terbatas  pada pengolahan kata. Tabel dala word juga bisa digunakan untuk olah angka meski tak sekomplit di ms excel. 

Dalam ms word baru misal seperti pada ms word 2010 dan 2013 ada tool baru untuk convert ke dalam file media lain, misal ; convert dari file word ke PDF, atau program lain. dan masih banyak lagi fitur lain yang bisa rekan manfaatkan dari ms word. Selain itu masih banyak lagi fungsi yang bisa rekan temukan dalam ms word.
Manfaat Microsoft Word
A. Memudahkan Menyelesaikan Pekerjaan
Dengan aplikasi ms word kita sangat terbantu untuk menuntaskan  semua pekerjaan tidak bisa dibantah lagi. mulai dari sekedar iseng nulis, hitung tabel, sampai membuat gambar bisa kita lakukan di Ms. Contoh kecil saja, di ms word kita bisa membuat garis dengan beraneka ragam pilihan hanya dengan 1 atau 2 kali klick mouse. Bayangkan bagaimana susahnya kalau anda harus menggunakan penggaris. Pekerjaan anda bisa lama sekali selesainya.
B. Menghemat Waktu
Sudah jelas sekali dengan adanya komputer dalam kasus ini program ms word bisa menghemat waktu. Bayangkan saja jika anda ingin mencetak undangan yang sama dalam jumlah banyak dengan hanya menggunakan mesin ketik. Bisa berhari-hari selesainya. Kalu dengan ms word kita bisa menggunakan copy paste atau mail merge untuk membuat surat massal.
C. Menghemat Kertas
Karena microsoft bisa diedit jika terjadi kesalahan,  hal ini bisa sangat menghemat konsumsi kertas. Hemat kertas berarti juga hemat penebangan hutan pulp kertas yang berarti pula mengurangi penebangan hutan dan membantu mencegah global warming. kalau hal ini saya yakin rekan2 udah pada tahu kan :D
Dan masih banyak lagi manfaat yang bisa kita peroleh dari ms word.

      Dalam Microsoft word terdapat menu toolbar adalah sekumpulan icon shortcut (perintah pendek) berdasarkan kelompok. Bila akan melakukan perintah standart seperti membuka file, menyimpan file,
menggandakan kalimat ataupun memindahkan kalimat maka akan kita dapatkan pada toolbar standart. Demikian juga dengan yang lainnya. Akan tetapi icon –icon tersebut tidak baku, kita juga dapat merubah ataupun mengelompokkan sendiri menjadi toolbar tersendiri. Kita bisa melihat macam-macam toolbar yang sudah disediakan atau dikelompokkan oleh pembuat aplikasi program ini. Caranya, kita bisa klik melalui :
Menu Bar View - pilih Toolbars.
Selain itu adapula Menubar file. Namun, sebelum kita menjalankan perintah yang ada, ada baiknya kita tahu bahwa dalam setiap menu bar yang ditampilkan tidak selalu lengkap. Ada beberapa yang disembunyikan dan untuk menampilkan, kita tinggal pilih atau sorot pilihan yang paling bawah (tanda dua panah ke bawah). Dalam menu yang ditampilkan ada beberapa keterangan yang sekiranya perlu juga kita ketahui, yaitu :
1. Gambar yang berada pada sebelah kiri, menandakan gambar perintah. Bila ada kesamaan gambar yang kita jumpai (biasanya dalam Toolbar), maka perintah tersebut juga berlaku pada gambar tersebut.
2. Keterangan yang berada pada sebelah kanan, menandakan tombol hot key. Yaitu tombol yang berfungsi sama dengan perintah yang ada. Tombol ini menggunakan keyboard dan tanda + menunjukkan tombol ditekan secara bersama.
3. Garis bawah dapat diganti dengan tombol
    ALT+Huruf yang bergaris bawah (Menu Bar)
Setelah kita melihat, gambar tersebut adalah gambar dimana kita akan membuka sebuah dokumen yang sudah ada. Sedangkan perintah untuk membuka dokumen baru adalah
File - New - OK
• Meyimpan dokumen
  Untuk menyimpan, ada dua cara yaitu :
File - Save
bila pertama kali melakukan penyimpanan maka kita harus menentukan dulu lokasi dan nama dari file.        Tetapi bila sudah pernah dilakukan maka lokasi dan nama akan sama sesuai dengan yang terdahulu.
File - Save As , 
penyimpanan akan selalu menanyakan lokasi dan nama dari file tersebut.
• Menutup dokumen
Untuk menutup dokumen, ada dua cara yaitu
File - Close 
Dokumen akan ditutup, tetapi aplikasi program Microsoft Word masih tetap tampil
File - Exit 
Dokumen dan aplikasi Program Microsoft Word akan ditutup.
• Membuka kembali dokumen
File - Open
• Keluar dari microsoft word
File - Exit
• Mengatur Kertas
Ada beberapa fasilitas dalam pengaturan kertas, diantaranya :
− Mengatur Batas Kertas
File - Page Setup - Margin 
Untuk menentukan posisi text dari tepi kertas, baik itu dari atas, bawah, kiri dan kanan.
- Top Mengatur batas kertas sebelah atas
- Bottom Mengatur batas kertas sebelah bawah
- Left Mengatur batas kertas sebelah kiri
- Right Mengatur batas kertas sebelah kanan
- Gutter Mengatur batas kiri untuk bundel/jempitan kertas
- Header Mengatur ukuran untuk daerah header
- Footer Mengatur ukuran untuk daerah footer
Mengatur Ukuran Kertas
File - Page Setup - Paper Size
Untuk menentukan ukuran dan posisi kertas
- Paper Size Menetukan jenis dari ukuran kertas
- Width Lebar dari ukuran kertas
- High Tinggi dari ukuran kertas
- Orientation Posisi pencetakan, Portrait (berdiri) atau LandScape (tidur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar